Senin, 13 April 2020

Teknik MIKIR Bagi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah


Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Disease (Covid-19). Dua kebijakan penting dari surat edaran tersebut yaitu sekolah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kepada siswa dan pembatalan pelaksanaan Ujian Nasional.

Implementasinya dilapangan, tidak sedikit orang tua yang “pusing” dan berkeluh kesah dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena orang tua harus direpotkan dengan kegiatan rutin lainnya yaitu bekerja urusan kantor dan urusan rumah. Bahkan disalah satu group kelas antara orang tua dan guru terjadi miskomunikasi yang cukup menggelitik dimana guru meminta siswa dibantu bersama orang tua berlatih melempar bola tetapi dijawab oleh orang tua jika dirumah tidak ada bola adanya panci. Alhasil nantinya yang menjadi korban adalah anak.



Tentu hal tersebut tidak akan terjadi jika ada niat dan kesepakatan yang baik antara orang tua dan guru. Juga orang tua fokus dan serius dalam mendampingi anak belajar di rumah. Ingat!!! Selama pandemi Covid-19 siswa belajar di rumah bukan liburan. Akan tetapi mayoritas orang tua kebingungan bagaimana cara mendampingi anak belajar dirumah.

Terkait hal ini, Program PINTAR Tanoto Foundation memiliki teknik yang dikembangkan agar orang tua tidak merasa kesulitan mendampingi anak belajar di rumah yang diakronimkan dengan teknik MIKIR.

Aktivitas dari teknik MIKIR yaitu;
Membuat jadwal dan aturan bersama
Ide Kegiatan
Komunikasi Positif
Ingatkan waktu dan Introspeksi
Refleksi dan Relasi

Detail penjelasan tentang penerapan teknik MIKIR dapat dibaca pada buku Panduan Orang Tua Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah. File panduan versi pdf dapat diunduh pada laman Pintar-Tanoto Fondation dibawah ini. 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang santun dan bijak