Jumat, 17 April 2020

5 Mesin Kecerdasan dan 9 Personality Genetic STIFIn darimana?



Perjalanan menuju lahirnya konsep STIFIn dimulai sejak Farid Poniman tahun 1999, beliau bersama dua orang kawannya yang kini menjadi tokoh terkemuka di Indonesia, Indrawan Nugroho dan Jamil Azzaini, mendirikan perusahaan bernama Kubik Leadership yang kini menjadi Top 10 Training & Consultancy Provider terbaik di Indonesia. Mereka memulai dengan menulis buku dan menyusun modul pelatihan yang berbasiskan kepada karakter personaliti pesertanya. Konsep inilah yang lalu diberi nama STIFIn. Di Kubik inilah awal mula dari proses risetnya untuk membuktikan konsep dan pemikirannya tentang STIFIn.

Kesadaran menemukan keberadaan kepribadian In itu datang dari hasil observasinya khususnya terhadap istrinya yang memiliki kepribadian ternyata bukan termasuk di antara S-T-I-F. Sejak itulah kemudian konsep pemikirannya dianggap sudah utuh menjadi STIFIn tanpa memerlukan penyempurnaan lagi. Memang kemudian masih banyak yang skeptis. Maka hingga buku tersebut diterbitkan, Farid Poniman menegaskan bahwa konsep Lima Mesin Kecerdasan dan Sembilan Personaliti STIFIn dianggap telah final.

Dibalik proses risetnya itu, Ia mengumpulkan teori-teori yang membangun teori STIFIn, yaitu: teori Fungsi Dasar S-T-I-F dari C.G. Jung (1875-1959), teori belahan otak atau The Whole Brain Concept dari Ned Hermann, teori Triune Brain dari Paul MacLean (1976).

Bagaimana dengan kecerdasan kelima pada STIFIn yaitu tipe Insting (In)? pada teori Triune Brain Paul MacLean di mana ada reptilian brain. Lebih lanjut menjelaskan, kecerdasan kelima ini terletak pada fungsi Hindbrain atau Otak Tengah (cerebellum, medulla, midbrain, pons, dan brain stem). Dari perjalanan panjang mengkompilasi teori-teori tersebut, sudahlah final teori STIFIn. Ada lima belahan otak dengan paket fungsi otak masing-masing yang kelak akan mempengaruhi tindak-tanduk manusia sesuai fungsi-fungsi otak yang paling mempengaruhinya dan kesemuanya setara.

Setiap belahan otak, memiliki orientasi atau cara kemudi (drive) yang berbeda. Yang satu berorientasi dari dalam ke luar, terstimuli dari dalam ke luar, yang ini lebih bisa fokus, introvert. Yang satu berorientasi dari luar ke dalam, menerima stimuli dari luar yang kemudian mengemudikan dirinya untuk lebih mudah terpengaruh dan terbuka pada respon luar, yang ini lebih mudah tergoda fokusnya, ekstrovert.secara genetik, ternyata berasal dari cara kerja lapisan putih dan lapisan kelabu pada otak.Kedua lapisan ini ditemukan pada otak limbik dan neokortek, sedangkan pada otak tengah tidak. Maka, masing-masing S-T-I-F menjadi dua kepribadian genetik (Si, Se, Ti, Te, Ii, Ie, Fi, Fe) sedangkan tipe In berlaku sebagai Mesin Kecerdasan sekaligus Personaliti Genetik. Itulah mengapa jumlah Personaliti Genetik adalah 9.

Nah…..dari 5 kelompok Mesin Kecerdasan dan 9 Personality Genetic tersebut, termasuk yang manakah Anda? Jika ingin mengetahui jenis Mesin Kecerdasan dan Personality Genetic Anda dan keluarga bisa berkomunikasi via surel ke dedek_wahsun@yahoo.co.id atau WhatsApp 087852464836

Artikel copy paste dari laman stifin berikut ini; http://stifin.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang santun dan bijak