Jumat, 26 Februari 2021

Mesin Kecerdasan: THINKING

 
Thinking dikenal dengan kecerdasan logika yang memiliki kelebihan pada berpikir analitis dan logis.Cara berpikir individu Thinking merujuk pada sebab dan akibat. Oleh sebab itu, semua informasi yang masuk ke dalam dirinya harus rasional, masuk akal. Kecerdasan Thinking menunjukkan dominasi neokorteks kiri. Di area tersebut terdapat lobus frontal yang berfungsi dalam kemampuan berpikir dan konsentrasi. Thinking adalah salah satu diantara 5 MK tersebut. Identitas mesin kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika MK digandengkan dengan jenis kemudi dibelakangnya. Jenis kemudi kecerdasan hanya ada 2, yaitu introvert dan extrovert. Di konsep stifin, I ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai MK lebih besar dari i yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

Jadi thinking terdiri dari thinking introvert (Ti) dan thinking extrovert (Te).

Thinking introvert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan logika yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju keluar dirinya. System operasi pada tipe ini berada di belahan bagian atas disebelah kiri atau disebut sebagai otak besar kiri atau diringkas otak kiri tersebut yang menjadi kemudi kecerdasan dari tipe ini berada di lapisan putih yang letaknya dibagian dalam. Itulah yang menjadi system operasi tipe Ti.

Thinking introvert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan logika yang proses kerjanya dikemudikan dari luar dirinya menuju dalam dirinya. System operasi pada tipe ini berada di belahan bagian atas disebelah kiri atau disebut sebagai otak besar kiri atau diringkas otak kiri tersebut yang menjadi kemudi kecerdasan dari tipe ini berada di lapisan abu-abu yang letaknya dibagian luar atau permukaan otak. Itulah yang menjadi system operasi tipe Te.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang santun dan bijak